Rasanya jadi Mahasiswa Bahasa Jepang

Rasanya nano nano banget guys, hehe enggak gitu jadi yang pertama aku rasakan adalah menjadi gamada 2018 ( Gadjah Mada Muda ) suatu pencapaian banget untuk gue guys, bener - bener enggak pernah menyangka dan bahkan  ga kepikiran untuk bisa masuk universitas ini karena letaknya jauh banget dari rumah dan juga gue tau lah buat masuk sini kaya mimpi untuk gue yang butiran debu, tapi alhamdulillah rejeki ,awal - awal biasalah ya kan diospek dulu btw ospek gue skip bakal gue ceritain di postingan selanjutnya.

Rasanya seneng banget bisa menjadi bagian keluarga Universitas Gadjah Mada terkhusus menjadi mahasiswa bahasa Jepang, enggak pernah menyangka gue milih jurusan bahasa asing sebenernya emang ini ga pernah ada diplanning gue, gue pas ngisi formulir juga engga pernah nyangka kalo akhirnya diterima dan yaudah gue awal - awal selain speechless berusaha jalanin aja kaya masih cengo karena kaget sekarang gue jadi anak bahasa asing wow suatu pencapaian yang ada dipikiran gue aduh susah nih bahasa inggris aja gue ga jago jago amat apalagi bahsa jepang aduh susah ni pasti gue udah takut duluan guys tapi gue keinget omongan guru kimia gue kalo nanti lolos tembus masuk perguruan tinggi gausah takut semua tuh sama aja mau dia dari mana asalnya semua itu sama dimulai dari 0. oke jadi optimis dan pas coba dijalanin. wah ternyata seru banget guys iya serunya cuma awal doang kesananya pusing guys. jadi dijepang itukan ada banyak hurufnya ya ada hiragana , kanji , katakana. dan emang ketat banget guys dalam 2 minggu kita udah harus bisa baca dan nulis huruf jepang ( ga mesti tau arti yang penting bisa nulis dan baca ) pokoknya ini sejenis pemberantasan buta huruf gitu deh huehehehe. tapi bener Allah ga akan ngasih cobaan yang hambanya gabisa lewatin. setelah 2 minggu aku berhasil oiya kenapa 2 minggu ini tiap hari schedule nya pemberantasan buta huruf karena guys buku modulnya itu ga ada romajinya (huruf abcd) wkwkwk jadi bahaya kalo buta huruf jadi harus bisa baca karena untuk mempermudah tapi emang bener sih ini metodenya efektif banget jadi kita harus bisa baca dan nulis dulu kalo soal arti bisa sambil jalan,karena memang bahsa itu hafalan jadi setiap hari memang harus menghafal vocab dan memahami grammar.

oke gue mah disini mau cerita yang seneng - senengnya aja ya guys yang pusing - pusing nya gausah diceritain ya kasian kalian bacanya :( hal yang seru banget nih menurut gue pas kaiwakai ( kelas berbicara gitu ) nah kan di UGM ni banyak kan murid international dan juga student exchange dah tau kan apa bedanya ? kalo yang exchange berati dia cuma pertukaran kalo yang international berarti dia sama kaya kita cuma bedanya asalnya dari luar,oiya lanjut jadi sensei ( dosen ) dan senpai ( kating ) mengumpulkan dan mengundang para siswa internasional dan anak anak exchange yang asal jepang guys, iya dikelas itu jadi kita dicampur jadi kanan kiri kita ya orang jepang bayangin guys gue yang cuma bisa nanya lagi apa namamu siapa gitu2 doang udah disuruh ngobrol bener kata pepatah kita bisa karena terbiasa tapi senpai ga kejam guys jadi kita didampingin kating juga yang sedikit2 menerjemahkan nah kelas itutuh gamasuk ke KRS sejenis kaya asistensi gitu tapi rutin perminmggunya terus sampe kita ga salting dan grogi lagi sam aorang jepang jadi kita lebih PD mau grammar kita acak - acaka or ga tepat mereka maklumin dan beberapa dari mereka juga ada yang bisa bahasa indonesia karena belajar dari temnnya karena kan mereka kuliah disini bahkan ada yang emang jurusan dijepangnya itu jurusan bahasa jepang pokoknya ini seru banget galupa lah tuh foto - foto wekwk dan nambah temen baru instagram iyakan hehe intinya nambah kenalan dan kalo kita ke Jepang kita tinggal hubungi mereka deh silaturahmi soalnya pengalan senpaiku juga gitu kalo aku liatin pertemenan mereka ga sebatasa disini aja pas kita kesana kita diajak ketemuan alhamdulillah.

belajar bahasa otomatis kita belajar budaya juga dong,nah karena aku suka main alat music aku suka banget tuh sama temen temen bawain lagu lagu jejepangan gitu kalau ada acara dies natalis fakultas misalnya atau ada acara apapun yang membawa nama prodi Jepang . aku juga pernah mengiringi Arisa mahasiswi student exchange asal Jepang itu membawakan lagu Indonesia raya dengan koto jadi koto itu mirip kecapi tapi ini alat musik dari Jepang pokoknya ini acaranya Arisa di GP HALL UGM dia memperkenalkan budaya Jepang kepada para audiens. karena dosen tau aku suka main alat music dosenku berniat mengajariku alat music koto tapi belum kesampean hehe. 

karena ini prodi bahasa asing jadi masuknya ke departemen budaya jadi kita ini sodaraan sama prodi bahasa korea gitu deh dan bahasa asing lainnya, kalo ada acara tuh seru banget kaya penampilan budaya budaya gitu pokoknya kaya refreshing aku suka banget dan nambah pengetahuan aku, selain itu juga bisa buat menghibur sekaligus sejalan dengan hobbyku. aku pernah membawakan lagu ost Naruto di gedung PKKH UGM  bersama grup ichi ocha, ichi ocha itu akustik band nya prodi Jepang jadi kuliah nya dapet happy juga dapet. oiya kadang tugasnya itu disuruh bikin novel juga loh kita juga diajarkan sastra islam dan lain lain. di prodi bahasa jepang nonton film atau drama jepang or anime itu malah bagus,iya bagus kalo gapake subtitle jadi kita kita ini sering seperti itu fungdinya untuk menambah atau memperkaya vocab kita dan mengetahui pronouncationnya seperti apa.

oke selain itu kita juga sering banget jalan - jalannya nih salah satu contohnya kaya kunjungan industri ke perusahaan jepang,nonton acara ramayana ballet,kunjungan ke museum dan waktu itu karena kita ada mata kuliah kepribadian kita juga langsung praktek table manner di Grand Mercue Yogyakarta,wah pokoknya seru banget kuliah nya tapi juga harus nyiapin mental karena contoh mata kuliah public speaking itu kita beneran jadi pembicara dengan audiens nya ya para mahasiswanya pokoknya seru tapi tantangan juga harus percaya diri ya namanya juga jurusan Bahasa.

selain itu juga kita suka kedatengan kaya anak pkl dari Jepang gitu buat ngajarin kita tapi cuma 2 minggu awal -awal emang kesulitan jadi kami sering banget campur inggris jepang dan juga bahasa isyarat haha, karena mereka sama sekali ga bisa bahasa Indonesia. dan mereka juga cerita kalau mereka itu sekolah itu gak dibiayai tapi mereka emang kerja pulang sekolah pokoknya bener bener mandiri ga kaya kita yang udah ngekos tetep dikirim duit dan dibiayai semuanya.\

didalam kelas kita udah gaboleh pake bahasa indonesia lagi semenjak semster 2 , makannya gue gakmau telat masuk kalo telat itu biasnaya dosen suka nanya dan kadang kalo emang gue telat pasti gue didepan pintu dulu tuh ngapain dah menurut kalian? gue lagi nyiapin alesan terus ditransletin ke bahasa jepang dan gue lagi cari grammar yang tepat wkwk tapi ga sekejam itusih cuma ya memang seperti itu harus wajib pake bahasa jepang wkwk.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pergi Jauh.

Enaknya tinggal di Jogja